Friday, June 6, 2014

Dalam Jadwal Bola Uji Coba, Belanda Menang 2-0 Melawan Wales



jadwal bola

Belanda telah menyelesaikan persiapan mereka dalam menghadapi Piala Dunia 2014 dengan kemenangan dalam jadwal bola uji coba menghadapi Wales dengan skor 2-0 di Amsterdam Arena. Dalam pertandingan tersebut, meskipun kehilangan 2 pemain utamanya yakni pemain Real Madrid, Gareth Bale dan gelandang Arsenal, Aaron Ramsey, tetapi Wales masih bisa memberikan perlawanan yang cukup merepotkan pemain-pemain Belanda. 


Menjelang istirahat babak pertama tepatnya di menit 32, Belanda unggul 1-0 setelah pemain andalan mereka dari klub Bayern Munich, Arjen Robben, berhasil memanfaatkan bola muntah dan melesatkannya ke gawang. Kontribusi Robben tidak hanya sampai di situ saja. Karena ia juga menjadi arsitek untuk gol kedua dengan memberikan umpan ke pemain pengganti, Jeremaian Lens, yang berhasil memanfaatkan umpan tersebut dengan tendangan jarak dekat ke gawang.

Tanpa adanya pemain andalan lini depan seperti Gareth Bale dan Aaron Ramsey yang diistirahaatkan dalam pertandingan tandang ke Amsterdam, Belanda, Wales harus bertumpu pada Simon Church memimpin timnas Wales dalam urusan menyerang gawang Belanda. Penyerang dari klub Charlton Athletic tersebut tidak begitu banyak memegang bola di awal pertandingan karena Wales terpaksa bertahan akibat gempuran pemain-pemain Belanda. 

Wales tidak hanya kehilangan pemain-pemain andalan lini depan, mereka juga tampil tanpa beberapa pemain andalan lini pertahanan seperti kapten Ashley Williams dan 2 pemain bertahan lainnya Ben Davies dan James Collins. Dengan absennya ketiga pemain tersebut menjadi kesempatan emas bagi pemain Hull City, James Chester, yang dapat menjalani debutnya bersama timnas Wales. Ia berpasangan dengan pemain yang baru dirilis oleh klub Crystal Palace, Danny Gibson, membentuk pasangan bertahan baru.

Van Persie dan Robben merupakan 2 pemain Belanda yang paling merepotkan barisan pertahanan Wales. Kubu lawan juga tidak mau kalah lewan kapten mereka dalam pertandingan tersebut untuk pertama kalinya yakni pemain Liverpool, Joey Allen, yang juga membuat pemain bertahan belanda kerepotan. Namun kemenangan Belanda atas Wales, harus dibayar mahal dengan ditariknya Robin van Persie ketika babak pertama berakhir. Pelatih Belanda, Louis van Gaal, sangat berharap bahwa penyerang andalannya bisa pulih sebelum pertandingan pertama Belanda di Piala Dunia 2014 melawan juara bertahan Spanyol, yang akan berlangsung pada hari Jum’at, 13 Juni 2014.

Dari sisi Wales, meskipun mereka tidak akan tampil di Piala Dunia 2014 tetapi pelatih Wales, Chris Coleman, melihat potensi dari perfoma timnya dan beberapa pemain yang menjalankan debut. Ia juga melihat adanya pertumbuhan kedalaman pada skuadnya di pertandingan tersebut. Ia juga akan mulai mempersiapkan skuadnya untuk menghadapi jadwal bola kualifikasi Euro 2016 yang akan dimulai bulan September nanti.